Gurita Vector |
Hallo sahabat tazkians lanjut dari postingan sebelumnya masih tentang design nih
kita punya tutor baru buat gurita vector, yang mau coba peraktek langsung liat
aja yuk tutornya,,,
jangan lupa di bookmark ya blognya, hehehheeh
jangan lupa di bookmark ya blognya, hehehheeh
Langkah – langkah pembuatan gurita animal
vector :
Gunakan
pen tool untuk membentuk poin – poin sebagai pola dasar gurita. Sehingga
seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu dengan shape tool untuk
melengkungkan poin poin pada pola gurita, klik kanan poin tersebut lalu pilih
menu to curve. Gunakan panah biru
mengatur kelengkungan pada objek
Setelah pola terbentuk, berikan warna gradien pada pola gurita
tersebut dengan fountain fill atau dengan cara menekan f11. Fountain fill tersedia pada kumpulan tool di tool box sebelah
kiri layout corel draw. Ketentuan fountain fill pada pola gurita tersebut
seperti dibawah ini
Untuk membuat
tangan gurita gunakan mengunakan pen tool untuk membuat poin – poin
secara satu persatu seperti gambar dibawah ini
Lalu dengan pen
tool kembali buat tangan gurita
selanjutnya. Sehingga polanya seperti
gambar dibawah ini
Setelah
semua tangan dibentuk polanya
dengan pen tool maka dengan
mengunakan shape tool, lengkukkan
poin - poin pada pola tangan tersebut
dengan klik kanan lalu pilih menu to
curve kemudian beri uniform fill (shift
+ f11) kemudian isi C =0, M = 40, Y
= 20, K=0 sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini
Kemudian klik satu persatu tangan gurita
tersebut sambil menekan shift agar
terseleksi semua, kemudian tekan ctrl G
(group) Lalu diberikan perintah weld yang terdapat pada menu bar , fungsi
weld untuk menjadikan objek menjadi satu kesatuan. Setelah itu, klik objek yang
telah di weld tersebut, duplikat tangan gurita tersebut, dengan cara klik
tangan gurita tersebut tekan ctrl + C (Copy) kemudian ctrl + V (Paste) dan berikan uniform fill (f11) C = 6, M = 17, Y = 6, K
= 0, sehingga seperti gambar dibawah ini
Setelah itu, klik tangan lalu klik kanan pilih
menu Order >> to back of page
(ctrl + end), setelah itu dengan menggunakan shape tool maka duplikat
tangan gurita tersebut diperbaiki ujung – ujung poinnya dengan menarik panah
biru untuk mengatur kelengkunganya. Seperti gambar dibawah ini
Gunaan ellipse tool untuk membentuk tentakel
pada tangan gurita kemudian diberikan fountain fill (f11) dengan ketentuan
seperti dibawah ini.
Maka hasil lingkaran tentakel gurita tersebut
seperti gambar dibawah ini
Duplikat lingkaran tentakel tersebut sebanyak
mungkin dan susun diujung tangan gurita ,
bila diperlukan atur ukuran tiap tentakel agar lebih mudah untuk disusun
sehingga seperti gambar dibawah ini
Selanjutnya untuk membuat objek mata maka gunakan ellipse tool untuk membentuk lingkaran
mata , kemudian berikan fountain fill
dengan ketentuan sebagai berikut
Sehingga hasil dari gradien dan lingkaran bola mata luar seperti gambar
Setelah itu berikan lingkaran pupil pada mata
gurita dengan menggunakan ellipse
tool dengan diberikan warna hitam yang
tersedia pada pallet color sebelah kanan
atau dengan uniform fill (shift +
f11) berikan C = 0, M = 0, Y = 0, K
= 100, setelah itu berikan lingkaran
kecil dengan warna putih yang tersedia pada pallet color sebelah kanan atau
dengan uniform fill (shift + f11) ketikkan C =0, M =0, Y =0, K =5, duplikat lingkaran kecil sebagai rona mata
sebanyak tiga bagian dan disusun disisi mata setelah itu group semua objek
dengan menekan shift sambil klik satu persatu objek bagian mata. Lalu tekan ctrl + G (group) sehingga seperti
gambar dibawah ini
Duplikat group mata tersebut dengan cara menekan
ctrl + C (copy) lalu ctrl + V (paste) dengan menggunakan
panah keyboard pindahkan bola mata kearah kanan. Sehingga seperti gambar dibawah ini.
Gunakan ellipse
tool untuk membuat lingkaran penghias kepala gurita. Dengan mengunakan uniform fill (shift + f11) ketikkan C = 0, M =100, Y = 0 , K = 0, duplikat dan susun secara acak dengan
ukuran yang berbeda lalu group
dengan cara ctrl + G. sehingga
seperti gambar dibawah ini
Lalu gunakan perintah effects >> powerclip>> place inside contener pada group
lingkaran merah tua tersebut, lalu klik panah hitam kearah tubuh gurita. Atur
posisi lingkaran diujung kepala gurita dengan cara klik kanan pilih menu edit content. Setelah selesai mengatur
posisi diujung kelapa gurita kemudian klik kanan kembali pilih menu finish editing this level . sehingga
hasilnya seperti gambar dibawah ini
Setelah itu buat pola percikkan air di bawah
tangan gurita dengan menggunakan pen tool. Seperti gambar dibawah ini
Berikan fountain
fill (f11) pada pola percikkan air tersebut. Seperti ketentuan dibawah ini.
Setelah itu gunakan shape tool untuk melengkungkan poin – poin
pada percikkan air. Dengan cara klik tiap poin lalu pilih menu to curve Seperti gambar dibawah ini
Untuk membuat pola mulut gurita gunakan pen tool diberikan warna dasar putih. Seperti gambar dibawah
ini
Dengan menggunakan shape tool maka lengkungkan poin – poin yang membentuk mulut gurita
dan berikan fountain fill seperti
gambar dibawah ini
Setelah itu berikan outline pada mulut gurita
berwarna merah gelap. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya
buat kotak dengan rectangle tool dan diberikan fountain fill (f11) dengan setelah itu klik kanan order >> to back of page (ctrl + end
)ketentuan sebagai berikut.
Gunakan text
tool untuk mengetik text sebagai penambah nilai seni. Dan gunakan
ellipse tool untuk membuat gelembung air
dan berikan uniform fill (shift + f11)
C = 40, M =0, K =0, Y =0, lalu
dupllikat dan susun di sisi tangan gurita dengan ukuran lingkaran yang berbeda.
Sehingga hasilnya seperti gambar dibawah ini
trims,, moga bermanfaat amiin